Do'a Ketika Hendak Berangkat Kerja - Niat Kerja/ Mencari Nafkah

 



Bekerja atau mencari nafkah menjadi kegiatan/rutinitas bagi banyak orang, meskipun bekerja kelihatannya sebagai amal dunia jika disertai dengan niat yang benar maka akan bernilai ibadah. Jadi disamping kita mendapat hasil dunia berupa upah dari pekerjaan kita tentunya kita juga mendapat pahala, terlebih kita juga terhitung berjuang di jalan Allah.

Niat / do'a bekerja ini diajarkan Imam Haddad melalui guru saya alhabib Dr. Taufiq R Abil Danwa, berikut Do'a Niat Kerja :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

نَوَيْتُ اْلإِكْتِسَابَ لِصِيَانَةِ دِيْنِي وَصِيَانَةِ عَنِ اْلحَاجَةِ اِلٰى النَّاسِ وَكِفَايَةِ نَفْسِي وَعِيَالِي

وَالتَّصَدُّقِ بِمَا فَضُلَ مِنْ كَسْبِي عَنْ حَاجَتِي عَلَى اْلمُحْتَاجِيْنَ مِنْ عِبَادِ اللّٰهِ تَعَالَى

“Saya niat bekerja berusaha untuk menjaga kemuliaan agamaku, menjaga diriku dari membutuhkan pemberian manusia, dan niat mencukupi diriku sendiri, mencukupi orang dalam tanggung jawabku, dan niat bershodaqoh dengan kelebihan hasil usahaku kepada hamba Allah yang membutuhkan“

Itu adalah niat ketika kita mau berangkat kerja, barangsiapa yang berniat seperti itu ketika hendak berangkat kerja lalu jika maut datang saat bekerja maka tergolong mati syahid. Adapun cara membacanya di awali bismillah lalu baca di lisan kemudian di getarkan dalam hati saat hendak berangkat kerja atau keluar untuk mencari nafkah.

Comments