Maulana Habib Luthfi bin Yahya Masuk Dalam Top 50 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

 

Pada tahun 2020 Habib Luthfi bin Yahya masuk kembali dalam daftar top 50 dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia. Di himpun oleh Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC), sebuah lembaga independen Islam yang berbasis di Aman, Yordania.

Dalam pengantarnya, publikasi tahunan yang bertajuk The Muslim 500: The world’s 500 Most Influential Muslims tersebut menyatakan bahwa pengumuman nama-nama para tokoh ini bertujuan untuk memastikan seberapa besar pengaruh yang dimilikinya sebagai seseorang muslim terhadap komunitasnya. Pengaruh ini bias berupa pengaruh di bidang budaya, ideology, finansial, politik, dan lainnya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, nama-nama tokoh muslim berpengaruh pada tahun 2020 tersebut juga masih di dominasi oleh para agama dan penguasa.

Habib Luthfi bin Yahya, sosok ulama kharismatik Indonesia kelahiran 10 November tahun 1946 M atau 27 Rajab tahun 1367 H ini selain sebagai ulama, pendakwah, beliau juga sebagai mustasyar PBNU yang memiliki jutaan pengikut atau santri. Selain itu beliau juga menduduki beberapa jabatan strategis seperti diantaranya ra’is amm atau pimpinan umum dari Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah di Pekalongan-Jawa Tengah, pemimpin Forum Ulama Sufi Sedunia, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Ketua MUI Jawa Tengah, serta pendiri dan pembina Majlis Ta’lim Kanzuz Sholawat Pekalongan Jawa Tengah. Hal ini tentu berdampak besar pada semakin meluasnya pengaruh beliau di berbagai komunitas muslim. [Wallahu a’lam]

Comments